|
Mujizatullah
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar || mujizatullah@kemenag.go.id
Abstrak
Jenis penelitian
ini
merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di PT. Bank Sulselbar Syariah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan pembiayaan
Murabahah terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Sulselbar Syriah Cabang Makassar.
Dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu PT. Bank
Sulselbar sebagai
X1, pelayanan pembiayaan
Murabahah sebagai X2, dan tingkat kepuasan nasabah sebagai Y.
Total Sampling dalam penelitian ini berjumlah
75 orang. Untuk
gambaran pemgaruh pelayanan pembiayaan Murabahah, peneliti menggunakan lembar observasi dan wawancara bebas dan angket pada
nasabah dan karyawan PT. Bank Sulselbar
Cabang Makassar.
Selanjutnya,
data
yang diperoleh melalui instrument tersebut kemudian diolah dengan
bantuan aplikasi Partial Least Square (PLS) 2.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis
yang menggunakan
uji
t menunjukkan bahwa nilai thitung
lebih kecil
dari pada nilai ttable sehingga Ho diterima dan Ha diterima. Artinya pelayanan pembiayaan
murabahah berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank
Sulselbar Syariah Makassar.
Kata Kunci: Kebijakan, Pelayanan,
Pembiayaan Murabahah, Kepuasan Nasabah
Abstract
This type of research is quantitative research conducted at Bank
Sulselbar Ltd.Company Makassar Sharia Branch. This research includes
quantitative research that aims to determine the effect of Murabahah financing
services on the level of customer satisfaction at Bank Sulselbar Ltd. Company Makassar Sharia
Branch Office. This study consists of three variables, namely Ltd.Company
Bank Sulselbar as X1, Murabahah financing service as X2, and customer
satisfaction level as Y.
Total Sampling in this research amounted to 75 people. To illustrate the
influence of Murabahah financing service, the researcher uses observation
sheets and free interviews and questionnaires to customers and employees of
Bank Sulselbar Ltd.Company Makassar Sharia Branch Office. Furthermore, the data
obtained through the instrument is then processed with the help of Partial
Least Square (PLS) 2.0 application
The results showed that the results of the analysis using t-test showed that
the value of tarithmetic smaller than the value of ttable
so H0 accepted and Ha accepted. It means service
Murabaha financing affects the level of customer satisfaction at Ltd.Company
Bank Sulselbar Makassar.
Keywords: Murabaha service, customer satisfaction
0 komentar:
Posting Komentar